Pages

Selasa, 07 November 2017

Resume Virtualisasi 3 novemer 2017

 

Cloud Service Models


Berdasarkan respondibility end user dan penyedia layanan yang bervariasi , service models pada cloud dibedakan menjadi 3 macam service models yang utama yaitu:
SPI model
  1. ·         Cloud software as a service (SaaS) for end user
  2. ·         Cloud platform as a service (PaaS) for developer
  3. ·         Cloud insfrastructure as a service(IaaS)  for IT architects

Sedangan jenis service models yang lainya yaitu : network as a service(NaaS), dan idenity as a service(IDaas)
IaaS

Insfrastructure as a service

·         Kapabilitas yang diberikan kepada konsumen adalah penyediaan pengelolaan, penyimpanan jaringan dan sumber daya komputasi virtual fundamental lainya.
·         Konsumen dapat menerapakan dan menjalankan software sesuai keinginan . software tersebut dapat mencakup sistem operasi dan aplikasi
·         Konsumen tidak mengelola atau mengendalikan insfrastruktur yang mendasari suatu cloud, namun meiliki kontrol atas sistem operasi, storage, dan aplikasi yang diterapkan.
·         Selain itu konsumen memungkinakan unutk daoat mengontrol komponen jaringan yang dipillih(misal ,host firewall ),dengan kontrol yang terbatas.
·         IaaS menyediakan akases untuk sumber daya dasar seperti fisik mesin virtual machine,virtual storage, dll .disamping itu dari sumber daya ini ,IassS juga meneawarkan :
o   Virtual machine disk storage
o   Virtual local area network(VLANS)
o   Load balancers
o   IP addresses
o   Software bundles
·         Sumber daya yang telah disebutkan diatas tersedia untuk end user via server virtualization .selain itu , sumber daya ini juga dapat diakses oleh customer seperti milik mereka sendiri.
·         IaaS memiliki kemampuan untuk memberikan arsitek insfrastrktur untuk menerapakan atau menjalankan perangkat lunak apapun pada sumber daya komputasi yang disediakan oleh penyedia layanan.
·         Di sini ,insfrastructure yang mendasari cloud seperi komputasi ,jaringan ,dan penyimpanan dikelola oleh penyedia layanan.
·         Dengan demikian ,arsiek insfrastructure dibebaskan dari oelekiharaan data center atau insfrastructure yang mendasari suatu cloud .pengguna akhir bertanggung jawab untuk mengelola aplikasi yang berjalan di atas layanan penyedia insfrasructure cloud.
·         Pada umumnya, layanan IaaS didukung oleh pusat data pada penyedia layanan cloud,end user dapat mengakses layanan dari oerangkat mereka melalui)(api yang disediakan) oleh penyedia layanan
·         Beberapa penyedia IaaS yang populer remasuk: Layanan storage dan komputasi AWS; AWS Simple Storage Service(s3), AWS Glacier,Amazon Elastic Compute Cloud (EC2),Layanan storage dan komputasi GCP melaui Google Comput Engine,layanan storage dan komputasi Microsoft Azure, Open Stack,Eucalytus,Developer Drop Box.

Layanan Yang Disediakan Oleh Penyedia IaaS

·         Compute : Computing as a Service termasuk virtual central processing units(CPUs) and virtual main memory unutk VM yang  disediakan  unutk end user
·         Storage : StaaS menyediakan back end storage unutk VM
·         Network: Network as a service (NaaS) menyediakan komponen virtual networking seperti virtual router , switch, dan bridge unutk VM.
·         Load balancers Load Balancing as a service menyediakan kapabilitas load balancing pada layar insfrastructur.

Karakteristik IaaS

·         Virtual machine dengan pra-install perangkat lunak.
·         Virtual machine dengan pra-install sistem operasi seperti windows,linux,dan solaris
·         Ketersediaan sumber daya sesuai kebutuhan.
·         Shared innsfrastructure.Iaas menyediakan model pengiriman one-to-many dan mengizinkan beberapa pengguna untuk berbagi insfrastructure yang sama
·         Mengizinkan duplikat penyimpanan dari data tertentupada lokasi yang berbeda.
·         Layanan teruktur. Layanan yang dipakai leh pengguna akan diukur dan pengguna akaan dikenankan biaya berdasarkan pemakaiaan nya

Keunggulan IaaS

·         IaaS memperbolehkan penyedia cloud untuk menaruh insfrastructure pada internet dengan bebas dengan cara yang efektif.
·         Kontrol enuh pada kmputasi sumber daya melalui akses administratif untuk virtual machine
·         Fleksibel dan penyediaan yang efisien .

Kerugian IaaS

·         Pengguna harus terhubung ke internet unuk menggunakanya, serta jika membutuhkan penambahan sumber daya harus menghubungi pihak penyedia layanan
·         Pengguna mengurus sendiri Os,keamanan ,aplikasi,database,framework,dll. Karena yang disediakan hanya server dan jaringan.
PaaS

Plaform as a Service

·         Kemampuan yang diberikan kepada konsumen adalah menerapkan aplikasi yang dibuat atau diakuisisi oleh konsumen dengan menggunakan bahasa pemrogaman dan tools yang didukung oleh penyedia , ke dalam insfrastructure cloud.
·         Konsumen tidak mengelola atau mengendalikan insfrastructure yang mendasari cloud termasuk jaringan, server, sistem operasi, atau penyimpanan, namun konsumen memiliki kontrol atas aplikasi yang diterapkan.layanan inin juga memungkinkan konsumen untuk melakukan konfigurasi di lingkungan aplikasi hosting.
·         PaaS menawarkan sarana pengembangan dan pengembanagan dan penyebaran yang dibutuhkan unutk membuat aplikasi.
·         PaaS mempunyai fitur sarana point and click yang memungkinkan non develloper membuat aplikasi web
·         PaaS memiliki kemampuan kemampuan untuk memberikan developer keleluasaan untuk mengembangkan dan meneraokan aplikasi pada development platform yang disediakan oleh penyedia layanan.
·         Dengan demikian , para developer debebaskan dari pengelolaan platform, pengembangan dan insfrastructure yang mendasarinya.di sini , para developer bertanggung jawab .....
·         Pada umumnya, layanan PaaS disediakan oleh penyedia layanan pada insfrastructur cloud hosted/on-promise.develper dapat mengakses development platform melalui internet melalui web CLI, user web interface (UI) dan integrated development environment (IDE) . beberaoa penyedia PaaS populer mencakup.
·         Layanan PaaS disediakan dalam bentuk platform yang dapat dimanfaatkan pengguna unutk membuat aplikasi diatasnya.Hal-Hal yang dapat dilakukan pengguna layanan PaaS adalah membangun aplikasi ,upload aplikasi, testing, dan mengaur konfigurasi.contoh PaaS adalah AWS elastic Beanstalk, Microsoft Azure(SDKs dan Visual Studio).Google App Engine, Force.com,red Hat OpenShift,Heroku,Engine Yard dan Developer Gojek.

Layanan yang diberika paaS

·         Progaming Languages : PaaS menyediakan berbagia macam bahasa pemrogaman bagi developer untuk dapat membangun aplikasi.beberapa bahasa pemrogaman yang popular, yang disediakan oleh penyedia PaaS.
·         Application Frameworks
·         Database
·         Tool

Karakteristik PaaS

·         Paas menawarkan browser berbasis development environment yang mengzinkan developer untuk membuat database dan merubah kode apliksi baik cia aplication progamin interface atau sarana point-and-click
·         PaaS menyediaakan built-in security,scalability, dan interface layanan web.
·         PaaS menyediakan sarana built-in untuk mendefinisikan workflow,proses persetujuaan dan peraturan bisnis.
·         sangat mudah untuk mengintegrasikan Paas dengan apliksai lain pada platform yang sama.
·         PaaS juga menyediaakan interfaces layanan web yang memperbolehkan kita unutk menghubungkan aplikasi diluar platform yang digunakan

Keunggulan  PaaS

·         Tingkat kerumitan administarasi yang rendah, customer tidak perlu khawatir akan masalah administrasi karena sudah termasuk bagian penyedia cloud
·         Total biaya kepemilikna yang rendah, customer tidak perlu memberi erangkat keras
·         Sistem perangkat lunak yang terkini. Ini adalah salah satu kewajiban dari penyedia layanan

Kerugiaan PaaS

·         Fitur keamaan yang disediakan oleh layanan PaaS adalah keamanan platform, bukan keamanan aplikasi kita . jadi kita tetap harus memberikan keamanan sendiri unutk mengamanakan aplikasi

Jenis PaaS

·         Stand –alone development environtments bekerja sebagai suatu kesatuan yang mandiri unutukfungsi yang spesifik.disini tidak meliputi perizinana atau kertergantungan teknis pada aplikasi SaaS yang spesifik.
·         Aplication Delivery-only environtment.bagian inin meliputi sala yang diminta dan eamanan aplikasi
·         Open platform as a service menawarkan open source perangkat lunak yang membantu sebuah penyedia layanan PaaS unutk menjalankan aplikasi
·         Add-on development facilities memperbolehkan penyesuaian platform yang ada

SaaS

Software as a service

·         Kemampuan yang diberikan konsumen adalah konsumen dapat menggunakan aplikasi milik penyedia layanan
·         Jenis SaaS menyediakan layanan aplikasi perangkat lunak untuk end user. Jenis ini mengacu pad sebuah  perangkat lunak yang diletakan pada host .......
·         SaaS memiliki kemmampuan untuk memberikan end user adar dapat mengakses
·         Pada umumnya layanan SaaS diletakan pada insfrastructur penyedia layanan.end user dapat mengakses layanan dari thin client atau web browser.layanan cloud pada jenis ini disediakan dalam bentuk perangkat lunak.
·         Beberapa penyedia SaaS yang populer mencakup Salesforce.com, google Apps

Layanan yang disediakan penyedia SaaS

·         Business services: banyak penyedia Saas mulai menyediakaan berbagai macam laanan bisnis unutk menarik perusahaan start-up.layanan bisnis saat SaaS mencakup ERP,CRM,billing,Sales dan Human resources.
·         Social Networks : Sejak situs media sosialbanyak digunakan oleh publik, banyak penyedia media sosial mengadopsi Saas untuk keberlanjutan situs mereka
·         Document management  : sejak perusahaan menggunakan dokument elektronik sevara ekstensif, maka banyak penyedia saaS yang mulai menyediakn layanan yang digunakan untuk membuat ,mengatur dan melacak dokumen elektronik.
·         Mail server pertumbuhan dari penggunaan email di mmasa depan tak dapat diprediksi.untuk menghandle jumlah pengguna dan beban pada layanan email yang tak memprediksi, sebagian besar penyedia e-mail yang tak terprediksi, sebagian besar penyedia e-mail mulai menawarkan layanan mereka sebagai layanan SaaS.

Keunggulan SaaS

·         Perangkat lunak yang sederhan
·         Pengguna lisensi perangkat lunak yang efisien.
·         Management data tersentralisasi
·         Tanggung jawab pengelolaan platform oleh penyedia jasa.
·         Solusi unutk banyak penyewa(multi talent)
·         Pengguna dapat langsung memanfaatkan ............

Kerugian SaaS

·         Pengguna tidak dapat memiliki akses penuh terhadap apliksai yang deisewa. Pengguna tidak dapat dengan seenaknya mengubah fiur-fitur yang disediakan karena SaaS bersifat multi-tenant

Karakteristik SaaS

·         SaaS menyediakan aplikasi perangkat lunak melaui internet
·         Aplikasi perangkat lunak diurus oleh vendor
·         Tersedia sesuai permintaan
·         Dapat terskala naik ataupun turun terganung ermintaan
·         Otomatis ter-upgrade dan ter-update
·         SaaS menawarkan jenis data bersama.oleh karena itu, banyak user dapat daling berbagi pada satu insfrastructure.
·         Semua user menjalankan versi perangkat lunak yang sama.

Open SaaS dan SOA

·         Open SaaS menggunakan aplikasi dari saas yang dibuat berdasarkan open source bahasa pemrogaman. Aplikasi SaaS ini dapat dijalankan pada semua sistem operasi open source dan database
·         Open SaaS memiliki beberapa keungulan , diantaranya: tidak dibutuhkan lisensi , enyebaran yang murah, sedikit vendor yang memberlakukan Lock-in, aplikasi lebih portabel, memberikan solusi yang lebih handal

 

Identity as a service (IDaaS)

·         IdaaS menawarkan management suatu informasi identittas sebagai
Single sign-on ......
·         Single sign-on(SSO) digunakan untuk mengatasi masalah dari oenggunaan username dan kombinasi password yang berbeda unutk server yang berbeda, yang mana membolehkan used untuk login hanya sekali waktu dan mengelola pengaksesan untuk sistem yang lain

Berikut ini adalah salah satu implementasi yang umum pada SSO dan cara kerjanya:

·         User mencatat keberadaanya kedalam autentication server menggunakan username dan password.
·         Autentication server memberikan tiket kepada user.
·         User mengirimkan tiket kepada intranet server.
·         Intranet server mengirimkan tiket kepada autentication server.
·         Autentication server mengirim kredensial keamanan pengguna untuk proses verifikasi dan mengirimkanya kembali ke intranet server.                                                                                                                                          Memberikan kemikonke sering sadikit kas 

NasSS

a.            Mobile NaaS menawarkan efisiensi dan kontrol yang fleksibel melalui perangkat mobile. Teknik ini menggunakan teknik virtualisasi untuk meringkas arsitektur sehingga prosesnya akan lebih efisien.                                                                                                                                                  
b.            Untuk menggunakan NaaS model, customer harus logon pada portal web, dimana customer bisa mendapatkan online API. Disini customer juga bisa menyesuaikan routing yang diinginkan.

Federated identity management (FIDM)

menggambarkan teknologi dan protokol yang memungkinkan user untuk mengemas kedensial keamanan di seluruh domain keamanan. Protokol ini menggunakan security markup language (SAML) untuk mengemas kredensial informasi user seperti diilustrasikan pada gambar di bawah ini:
·         OpenID menawarkan user unutk lodin keedalam banyak website dengan 1 akun, google ,yahoo,flickr\
·          
Keunggulan idaaS
Peningkatan percakapan siri\]


Two deployment methods

1.      Cloud-Hosted:->dedicated
a.       Instalasi perangkat lunak yang diinangi host berada pada server pihak ketiga dan memerlukan koneksi internet untuk mengaksesnya. Sebagian besar layanan perangkat lunak yang diinangi awan mencakup pembaruan, back up, pemantauan dan peningkatan tanpa biaya tambahan

b.       

0 komentar:

Posting Komentar