Pages

Senin, 30 Oktober 2017

Resume Pelajaran TI Polri Database Jumat 13 Oktober 2017



 Resume Pelajaran TI Polri
Hari Jumat Tanggal 13 Oktober 2017

Materi ajar :
·       Database

Disusun  oleh AL'IQBAL FIDA MAHENDRA

Pengertian dalam Database
·         Pengertian database adalah Sekumpulan data yang saling berkaitan yang berguan sebagai pusat tempat penyimpanan data pada suatu program atau jaringan
·         Database Administrator bertanggung jawab untuk memberi akses ke database, mengkoordinasi dan mengawasi penggunaannya
·         Database Designer bertanggungjawab untuk mengelola data yang akan disimpan dalam database dan memilih struktur yang tepat untuk mewakili dan menyimpan data tersebut.
·         End Users adalah pihak-pihak  yang pekerjaannya melakukan akses ke basis data untuk proses query, update, dan pembuatan laporan.
·         DBMS system designer dan Implementer Merancang dan mengimplementasikan modul untuk system sebagai paket perangkat lunak.dan mempermudah kerja pengguna.
·         Tool developer digunakan untuk Merancang dan mengimplementasikan tools paket perangkat lunak yang memfasilitasi pemodelan dan perancangan basis data, perancangan sistem database, dan peningkatan kinerja. Tools adalah paket (software dan hardware) pilihan yang sering dibeli secara terpisah.
·         Operators and maintenance personnel adalah pihak yang Bertanggung jawab untuk menjalankan secara aktual dan melakukan pemeliharaan terhadap lingkungan perangkat keras dan perangkat lunak untuk sistem basis data

Uji Praktek
Membuat database nama latlat
Dalam praktek database kali ini menggunakan aplikasi xampp yang merupakan aplikasi server yang dapat berdiri sendiri, berikut adalah gambar xampp.
Klik start pada mysql untuk mengaktifkan fungsi fitur mysql.

Untuk dapat mengkonfigurasi  server mysql kita menggunakan comand promp .lalu masuk ke direktori xampp mengunakan perintah,  “cd..” untuk keluar dari direktori sebelumnya, kemudian ketikan perintah “cd xampp” maka akan masuk ke direktory xampp. Cd sendiri adalah perintah untuk mengubah direktori .kemudian “cd mysql” lalu masuk “cd bin” nah perintah itu untuk memasuki direktori bin untuk masuk ke server untuk melakukan configurasi

setelah masuk buatlah databases dengan perintah ‘create database latlat.ini perintah untul membuat database bernama latlat  nah database dengan nama latlat telah dibuat.
s

0 komentar:

Posting Komentar